Penerapan Akhlakul Karimah Mahasiswa - Yusril Samalanga -->





Penerapan Akhlakul Karimah Mahasiswa



ABSTRAK
Akhlak merupakan sesuatu yang sangat penting bagi umat Islam, karena diutusnya 
Rasulullah saw di mika bumi ini tidak lain adalah untuk menyempurnakan umatnya, 
dan salah satu akhlak yang terbaik adalah akhlak Rasulullah, 
karena Al Qur’an adalah salah satu cerminan akhlak Rasulullah saw. 
Jadi kita sebagai umat Islam sangat dianjurkan untuk berakhlak sesuai apa yang 
di contohkan oleh Rasulullah SAW dan para sahabat serta generasi penerusnya, 
berdasarkan pemahaman yang lurus/ benar. Baik di lingkungna masyarakat, keluarga, 
dan kampus. Mengingat telah terjadi degradasi/menurunnya moral umat manusia 
yang sepertinya tidak enggan lagi melakukan perbuatan/ perilaku dan penampilan 
yang tidak mencerminkan akhlak terpuji, khususnya akhlak di kampus. 
Oleh sebab itu,diperlukan pemahaman-pemahaman akhlak di kampus menurut agama, 
etika, dan budaya yang bertujuan untuk membentengi atau langkah pencegahan 
mahasiswa/mahasiswi Islam agar tidak melakukan perbuatan-perbuatan  
atau penampilan yang tidak mencerminkan akhlakul karimah. 
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, 
pertanyaan penelitian dalam pembahasan artikel ini adalah sebagai berikut : 
(1). Bagaimana pengertian akhlakul karimah, 
(2). Apa penyebab rusaknya akhlakul karimah mahasiswa, 
(3). Bagaimana cara-cara untuk menerapkan akhlakul karimah kepada mahasiswa. 
Adapun tujuan khusus yang penulis maksud dalam penulisan artikel ini adalah: 
(1). Untuk menjelaskan bagaimana pengertian akhlakul karimah, 
(2). Untuk menjelaskan apa penyebab rusaknya akhlakul karimah mahasiswa, 
(3). Untuk menjelaskan bagaimana cara-cara untuk menerapkan akhlakul karimah 
kepada mahasiswa. Kemudian pendekatan menggunakan pendekatan kualitatif, 
yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif, yang berupa kata-kata 
dari penulis atau berupa paparan dari orang lain dan perilaku yang dapat diamati. 
Sedangkan hasil penelitian yang penulis peroleh dalam pembahasan ini adalah, 
penyebab dari rusaknya akhlak setidak-tidaknya ada 4 penyebab, yaitu: 
(1). Dha’ful Iman, yaitu lemah Iman. 
(2). Bi’ah Al-Sayyiah, yaitu lingkungan yang buruk. 
(3). Dha’fu Al- Mutaba’ah, yaitu lemah kontrol, 
(4). Kemajuan teknologi.Sedangkan upaya (solusi) untuk mengatasinya berupa 
pengoptimalan pendidikan agama Islam dengan cara : 
(1). Memperkokoh keimanan atau aqidah kepada Allah SWT. 
(2). Menanamkan perasaan dekat kepada Allah SWT. 
(3). Mewujudkan lingkungan yang Islami. 
(4). Menumbuhkan tanggung jawab mengemban amanah da’wah (mengajak).

I. PENDAHULUAN
1. Latar belakang
Kegiatan belajar Aqidah Akhlak terhadap perilaku mahasiswa adalah 
salah satu kegiatan yang harus dilakukan dan diterapkan kepada mahasiswa, 
agar tidak terpengaruh oleh dunia bebas dan pergaulan bebas. 
Dengan demikian manfaat belajar pedidikan aqidah akhlak sangatlah penting 
dan sangat diperlukan untuk membimbing dan membina mahasiswa agar 
memahami dan mengetahui manfaat belajar aqidah akhlak.
Manfaat belajar pendidikan aqidah akhlak bagi mahasiswa merupakan 
bagian tersendiri dari pendidikan. Agama merupakan faktor yang menentukan 
prilaku/watak dan kepribadian mahasiswa sehingga mahasiswa dapat 
memotivasi untuk mempraktekkan nilai-nilai keyakinan keagamaan (aqidah) 
dan akhlakul karimah (akhlak) dalam kehidupan sehari-hari, agar mahasiswa 
mempunyai perilaku dengan baik. Mahasiswa diharapkan dapat 
memperhatikan manfaat pendidikan pelajaran aqidah akhlak sebagai kontrol 
dalam kehidupan sehari-hari.
Akhlak merupakan sesuatu yang sangat penting bagi umat Islam, karena 
diutusnya Rasulullah saw di mika bumi ini tidak lain adalah untuk 
menyempurnakan umatnya,dan salah satu akhlak yang terbaik adalah 
akhlak Rasulullah, karena Al Qur’an adalah salah satu cerminan akhlak 
Rasulullah saw. Jadi kita sebagai umat Islam sangat dianjurkan untuk 
berakhlak sesuai apa yang di contohkan oleh Rasulullah SAW dan 
para sahabat serta generasi penerusnya,berdasarkan pemahaman yang 
lurus/ benar. Baik di lingkungan masyarakat, keluarga, dan kampus. 
Mengingat telah terjadi degradasi/menurunnya moral umat manusia yang 
sepertinya tidak enggan lagi melakukan perbuatan/ perilaku dan penampilan 
yang tidak mencerminkan akhlak terpuji, khususnya akhlak di kampus. 
Oleh sebab itu, diperlukan pemahaman-pemahaman akhlak di kampus 
menurut agama, etika,dan budaya yang bertujuan untuk membentengi 
atau langkah pencegahan mahasiswa/mahasiswi Islam agar tidak 
melakukan perbuatan-perbuatanatau penampilan yang tidak 
mencerminkan akhlakul karimah.                                         


II. PEMBAHASAN
1. Pengertian akhlakul karimah
Kata akhlak berasal dari bahasa Arab al-akhlaq yang merupakan bentuk 
jamak dari kata al-khuluq yang berarti budi pekerti, perangai, tingkah laku, 
atau tabiat.
Secara terminologis, Ibnu Maskawaih mendefinisikan akhlak sebagai 
keadaan gerak jiwa yang mendorong ke arah melakukan perbuatan dengan 
tidak menghajatkan pikiran. 
Sedang menurut Imam al-Gazali, akhlak adalah sifat yang tertanam dalam 
jiwa yang dapat menimbulkan perbuatan dengan gampang dan mudah serta 
tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan.
Kata akhlak banyak ditemukan dalam hadits Nabi Saw. Dalam salah satu 
haditsnya Rasulullah Saw. bersabda, “Sesungguhnya aku diutus untuk 
menyempurnakan akhlak yang mulia”. (HR. Ahmad).
Akhlakul Karimah atau Akhlaq al Karimah atau disebut juga akhlak 
islamiyah adalah suatu sistem akhlak yang berpedoman kepada Al Qur'an 
dan Hadits. Dengan demikian kriteria baik dan buruknya suatu perbuatan 
tidak lepas dari garis Al Qur'an dan Hadits.Akhlak juga sering disebut dengan 
tingkah laku, perangai, budi pekerti. Menurut Yatimin Abdullah akhlakul 
karimah merupakan tanda kesempurnaan iman seorang kepada Allah. 
Akhlakul karimah dilahirkan berdasarkan sifat-sifat terpuji.

2. Penyebab rusaknya akhlakul karimah mahasiswa
Potret pendidikan di Indonesia tercoreng oleh beberapa insiden (kasus) 
memalukan yang dilakukan oleh beberapa oknum pelaku pendidikan, 
beberapa media cetak maupun elektronik memberitakan diantaranya: 
Tawuran pelajar dan mahasiswa ,bukan hanya proses belajar mengajar 
yang terganggu, tetapi tidak sedikit para pelajar dan mahasiswa terluka 
malahan sampai memakan korban, Penyebaran video pornobaik melalui 
handphone, internet maupun CD/DVD sudah sangat mengkhawatirkan, 
Free sex (sex bebas) dikalangan pelajar, remaja Indonesia usia 10-24 
tahun sudah mencapai 62 juta (30,3 % dari total penduduk Indonesia), 
15 % dari mereka (remaja) telah melakukan hubungan seks di luar nikah.
Apa yang menjadi penyebab terjadinya hal tersebut terutama di dunia 
pendidikan kita? 
Jawabannya adalah karena kerusakan akhlak di kalangan para pelajar 
dan mahasiswa.
 Adapun penyebab dari rusaknya akhlak tersebut setidak-tidaknya ada 
4 penyebab, yaitu: 
1. Dha’ful Iman, yaitu lemah Iman. 
Iman yang mantap membuat seseorang menjadi terikat kepada 
segala bentuk ketentuan Allah SWT dan tidak berani menyimpang 
dari jalan-Nya,karena itu manakala seseorang telah memiliki Iman 
yang mantap dan sempurna, niscaya dia memiliki akhlak yang mulia. 
2. Bi’ah Al-Sayyiah, yaitu lingkungan yang buruk.
Lingkungan sangat berpengaruh terhadap manusia, jika 
lingkungannya buruk sangat berpotensi merubah orang menjadi 
orang yang buruk, begitu juga sebaliknya,salah satunya adalah TV, 
teman pergaulan, lingkungan keluarga dan lain sebagainya. 
3. Dha’fu Al- Mutaba’ah, yaitu Lemah Kontrol. 
Kerusakan akhlak seseorang diantaranya lemah kontrol 
(pengawasan), baik dari dirinya sendiri, keluarga maupun 
sesama masyarakat.
4. Kemajuan teknologi.
Dampak globalisasi teknologi memang dapat memberikan dampak 
positif tetapi tidak dapat di pungkiri lagi bahwa hal ini juga dapat 
berdampak negatif bagi kerusakan moral. Perkembangan internet 
dan ponsel berteknologi tinggi terkadang dampaknya sangat 
berbahaya bila tidak di gunakan oleh orang yang tepat. 
Misalnya : Video porno, perjudian diberbagai jejaring sosial yang 
menguras waktu belajar kaum remaja.

3. Cara-cara penerapan akhlakul karimah mahasiswa
Penyebab kerusakan akhlak seperti tersebut di atas, tidak boleh dibiarkan 
terus berlangsung,tetapi harus ada upaya (solusi) untuk mengatasinya 
berupa pengoptimalan pendidikan agama Islam dengan cara : 
1. Memperkokoh keimanan atau aqidah kepada Allah SWT sehingga 
seseorang akan selalu terikat dan mau menyesuaikan diri dengan 
ketentuan Allah SWT.
2. Menanamkan perasaan dekat kepada Allah SWT, sehingga dimanapun 
seseorang berada,kemanapun seseorang pergi dan bagaimana situasi dan 
kondisinnya, seseorang selalu merasa diawasi oleh Allah SWT yang 
membuatnya tidak berani menyimpang dari jalan Allah.
3. Mewujudkan lingkungan yang Islami, baik melalui bahan bacaan, 
tontonan maupun lingkungan pergaulan , sehingga pengaruh dari lingkungan 
yang Islami, akan membentuk manusia menjadi orang yang memiliki 
kepribadian yang Islami.
4. Menumbuhkan tanggung jawab mengemban amanah da’wah (mengajak), 
karena dengan adanya tanggung jawab da’wah, akan berusaha untuk menjadi 
yang terbaik dalam sikap dan prilakunya.

Sebagai mahasiswa yang berakhlak mulia, kita harus melaksanakan kewajiban 
kita sebaik-baiknya,dengan hati ikhlas dan tanpa paksaan.Nilai-Nilai Akhlakul 
Karimah yang dapat ditamankan pada siswa diataranya :
1) Menerapkan kepada mahasiswa untuk selalu melaksanakan shalat berjamaah.
2) Menerapkan kepada mahasiswa untuk selalu memelihara kejujuran.
3) Menerapkan kepada mahasiswa agar memiliki sikap saling tolong menolong.
4) Menerapkan kepada mahasiswa sikap disiplin, tertib, sopan, dan hormat 
kepada dosen.
5) Menerapkan akhlak mulia kepada mahasiswa dengan ajaran agama agar 
mereka mengamalkannya, baik di dalam maupun di luar kampus.
6) Menerapkan kewajiban mahasiswa untuk memelihara nama baik Universitas, 
baik di dalam maupun di luar kampus.
7) Menerapkan kepada mahasiswa untuk selalu memelihara sarana dan prasarana 
Universitas serta menjaga kebersihan, ketertiban, dan keamanannya.
8) Menerapkan kepada mahasiswa agar mematuhi segala peraturan yang berlaku 
di tingkat Universitas, Fakultas, Jurusan, Program Study, dan Unit.
9) Menerapkan tata cara berbusana yang sopan kepada mahasiswa/i
a) Tata Cara Berbusana bagi Mahasiswa/Mahasiswi:
1. Berpakaian sopan, bersih, dan rapi bagi Mahasiswa/ mahasiswi.
2. Berbusana muslimah yang tidak ketat dan tidak transparan bagi 
mahasiswi.
3. Bersepatu selama berada di kampus bagi mahasiswa/ mahasiswi.
b) tata cara berbusana yang tidak boleh bagi Mahasiswa/ mahasiswi adalah:
1. Memakai sandal.
2. Memakai sepatu yang tumitnya diinjak.
3. Memakai sepatu sandal yang tumitnya diinjak.
4. Berkaos oblong walaupun ditutup dengan jaket atau tas.
5. Bercelana sobek.
6. Berpakaian ketat khusus bagi mahasiswi.
7. Memakai busana tembus pandang.
8. Memakai baju/ lengan pendek khusus bagi mahasiswi.
Tak jarang terjadi pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh mahasiswa, 
oleh karena itu, kita sebagai mahasiswa yang berakhlak mulia harus 
memperhatikanya dari pelanggaran-pelanggaran ringan apalagi pelanggaran 
berat berusahalah jangan sampai melakukannya.

III. PENUTUP
1. Simpulan
Kata akhlak berasal dari bahasa Arab al-akhlaq yang merupakan bentuk 
jamak dari kata al-khuluq yang berarti budi pekerti, perangai, tingkah laku, 
atau tabiat. Secara terminologis, 
Ibnu Maskawaih mendefinisikan akhlak sebagai keadaan gerak jiwa yang 
mendorong ke arah melakukan perbuatan dengan tidak menghajatkan pikiran. 
Adapun penyebab dari rusaknya akhlak tersebut setidak-tidaknya ada 
4 penyebab, yaitu: 
1. Dha’ful Iman, yaitu lemah Iman. 
2. Bi’ah Al-Sayyiah, yaitu lingkungan yang buruk.
3. Dha’fu Al- Mutaba’ah, yaitu Lemah Kontrol.
4. Kemajuan teknologi.
Sedangkan upaya (solusi) untuk mengatasinya berupa pengoptimalan 
pendidikan agama Islam dengan cara : 
1. Memperkokoh keimanan atau aqidah kepada Allah SWT.
2. Menanamkan perasaan dekat kepada Allah SWT.
3. Mewujudkan lingkungan yang Islami.
4. Menumbuhkan tanggung jawab mengemban amanah da’wah (mengajak).

5. Saran 
Dalam menyikapi masalah remaja terutama tentang rusaknya akhlakul karimah mahasiswa, 
penulis memberikan beberapa saran. Diantaranya: 
a) Keluarga sebagai tempat awal pendidikan para pelajar harus mampu untuk 
membentuk pola pikir yang baik bagi anak-anaknya.
b) Masyarakat mesti menyadari akan perannya dalam menciptakan situasi yang 
kondusif.
c) Lembaga pendidikan formal sudah semestinya memberikan pelayanan yang baik 
untuk membantu para pelajar mengasah kemampuan dan mengembangkan segala 
potensi yang ada dalam dirinya.

DAFTAR PUSTAKA
Imam Jalaludin Al-Mahali dan Imam Jalaludin As-Syuyuti, Tafsir Jalalain, (Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2005).
Al-Imam Abul Fida Ismail Ibnu Katsir Ad-Dimasyqy, Tafsir Ibnu Katsir, (Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2004).
Tafsir Al Misbah, Quraish Shihab, Cet I, Jilid, 14 , Tahun 2003, Lentera Hati.

Penerapan Akhlakul Karimah Mahasiswa






Penerapan Akhlakul Karimah Mahasiswa



ABSTRAK
Akhlak merupakan sesuatu yang sangat penting bagi umat Islam, karena diutusnya 
Rasulullah saw di mika bumi ini tidak lain adalah untuk menyempurnakan umatnya, 
dan salah satu akhlak yang terbaik adalah akhlak Rasulullah, 
karena Al Qur’an adalah salah satu cerminan akhlak Rasulullah saw. 
Jadi kita sebagai umat Islam sangat dianjurkan untuk berakhlak sesuai apa yang 
di contohkan oleh Rasulullah SAW dan para sahabat serta generasi penerusnya, 
berdasarkan pemahaman yang lurus/ benar. Baik di lingkungna masyarakat, keluarga, 
dan kampus. Mengingat telah terjadi degradasi/menurunnya moral umat manusia 
yang sepertinya tidak enggan lagi melakukan perbuatan/ perilaku dan penampilan 
yang tidak mencerminkan akhlak terpuji, khususnya akhlak di kampus. 
Oleh sebab itu,diperlukan pemahaman-pemahaman akhlak di kampus menurut agama, 
etika, dan budaya yang bertujuan untuk membentengi atau langkah pencegahan 
mahasiswa/mahasiswi Islam agar tidak melakukan perbuatan-perbuatan  
atau penampilan yang tidak mencerminkan akhlakul karimah. 
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, 
pertanyaan penelitian dalam pembahasan artikel ini adalah sebagai berikut : 
(1). Bagaimana pengertian akhlakul karimah, 
(2). Apa penyebab rusaknya akhlakul karimah mahasiswa, 
(3). Bagaimana cara-cara untuk menerapkan akhlakul karimah kepada mahasiswa. 
Adapun tujuan khusus yang penulis maksud dalam penulisan artikel ini adalah: 
(1). Untuk menjelaskan bagaimana pengertian akhlakul karimah, 
(2). Untuk menjelaskan apa penyebab rusaknya akhlakul karimah mahasiswa, 
(3). Untuk menjelaskan bagaimana cara-cara untuk menerapkan akhlakul karimah 
kepada mahasiswa. Kemudian pendekatan menggunakan pendekatan kualitatif, 
yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif, yang berupa kata-kata 
dari penulis atau berupa paparan dari orang lain dan perilaku yang dapat diamati. 
Sedangkan hasil penelitian yang penulis peroleh dalam pembahasan ini adalah, 
penyebab dari rusaknya akhlak setidak-tidaknya ada 4 penyebab, yaitu: 
(1). Dha’ful Iman, yaitu lemah Iman. 
(2). Bi’ah Al-Sayyiah, yaitu lingkungan yang buruk. 
(3). Dha’fu Al- Mutaba’ah, yaitu lemah kontrol, 
(4). Kemajuan teknologi.Sedangkan upaya (solusi) untuk mengatasinya berupa 
pengoptimalan pendidikan agama Islam dengan cara : 
(1). Memperkokoh keimanan atau aqidah kepada Allah SWT. 
(2). Menanamkan perasaan dekat kepada Allah SWT. 
(3). Mewujudkan lingkungan yang Islami. 
(4). Menumbuhkan tanggung jawab mengemban amanah da’wah (mengajak).

I. PENDAHULUAN
1. Latar belakang
Kegiatan belajar Aqidah Akhlak terhadap perilaku mahasiswa adalah 
salah satu kegiatan yang harus dilakukan dan diterapkan kepada mahasiswa, 
agar tidak terpengaruh oleh dunia bebas dan pergaulan bebas. 
Dengan demikian manfaat belajar pedidikan aqidah akhlak sangatlah penting 
dan sangat diperlukan untuk membimbing dan membina mahasiswa agar 
memahami dan mengetahui manfaat belajar aqidah akhlak.
Manfaat belajar pendidikan aqidah akhlak bagi mahasiswa merupakan 
bagian tersendiri dari pendidikan. Agama merupakan faktor yang menentukan 
prilaku/watak dan kepribadian mahasiswa sehingga mahasiswa dapat 
memotivasi untuk mempraktekkan nilai-nilai keyakinan keagamaan (aqidah) 
dan akhlakul karimah (akhlak) dalam kehidupan sehari-hari, agar mahasiswa 
mempunyai perilaku dengan baik. Mahasiswa diharapkan dapat 
memperhatikan manfaat pendidikan pelajaran aqidah akhlak sebagai kontrol 
dalam kehidupan sehari-hari.
Akhlak merupakan sesuatu yang sangat penting bagi umat Islam, karena 
diutusnya Rasulullah saw di mika bumi ini tidak lain adalah untuk 
menyempurnakan umatnya,dan salah satu akhlak yang terbaik adalah 
akhlak Rasulullah, karena Al Qur’an adalah salah satu cerminan akhlak 
Rasulullah saw. Jadi kita sebagai umat Islam sangat dianjurkan untuk 
berakhlak sesuai apa yang di contohkan oleh Rasulullah SAW dan 
para sahabat serta generasi penerusnya,berdasarkan pemahaman yang 
lurus/ benar. Baik di lingkungan masyarakat, keluarga, dan kampus. 
Mengingat telah terjadi degradasi/menurunnya moral umat manusia yang 
sepertinya tidak enggan lagi melakukan perbuatan/ perilaku dan penampilan 
yang tidak mencerminkan akhlak terpuji, khususnya akhlak di kampus. 
Oleh sebab itu, diperlukan pemahaman-pemahaman akhlak di kampus 
menurut agama, etika,dan budaya yang bertujuan untuk membentengi 
atau langkah pencegahan mahasiswa/mahasiswi Islam agar tidak 
melakukan perbuatan-perbuatanatau penampilan yang tidak 
mencerminkan akhlakul karimah.                                         


II. PEMBAHASAN
1. Pengertian akhlakul karimah
Kata akhlak berasal dari bahasa Arab al-akhlaq yang merupakan bentuk 
jamak dari kata al-khuluq yang berarti budi pekerti, perangai, tingkah laku, 
atau tabiat.
Secara terminologis, Ibnu Maskawaih mendefinisikan akhlak sebagai 
keadaan gerak jiwa yang mendorong ke arah melakukan perbuatan dengan 
tidak menghajatkan pikiran. 
Sedang menurut Imam al-Gazali, akhlak adalah sifat yang tertanam dalam 
jiwa yang dapat menimbulkan perbuatan dengan gampang dan mudah serta 
tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan.
Kata akhlak banyak ditemukan dalam hadits Nabi Saw. Dalam salah satu 
haditsnya Rasulullah Saw. bersabda, “Sesungguhnya aku diutus untuk 
menyempurnakan akhlak yang mulia”. (HR. Ahmad).
Akhlakul Karimah atau Akhlaq al Karimah atau disebut juga akhlak 
islamiyah adalah suatu sistem akhlak yang berpedoman kepada Al Qur'an 
dan Hadits. Dengan demikian kriteria baik dan buruknya suatu perbuatan 
tidak lepas dari garis Al Qur'an dan Hadits.Akhlak juga sering disebut dengan 
tingkah laku, perangai, budi pekerti. Menurut Yatimin Abdullah akhlakul 
karimah merupakan tanda kesempurnaan iman seorang kepada Allah. 
Akhlakul karimah dilahirkan berdasarkan sifat-sifat terpuji.

2. Penyebab rusaknya akhlakul karimah mahasiswa
Potret pendidikan di Indonesia tercoreng oleh beberapa insiden (kasus) 
memalukan yang dilakukan oleh beberapa oknum pelaku pendidikan, 
beberapa media cetak maupun elektronik memberitakan diantaranya: 
Tawuran pelajar dan mahasiswa ,bukan hanya proses belajar mengajar 
yang terganggu, tetapi tidak sedikit para pelajar dan mahasiswa terluka 
malahan sampai memakan korban, Penyebaran video pornobaik melalui 
handphone, internet maupun CD/DVD sudah sangat mengkhawatirkan, 
Free sex (sex bebas) dikalangan pelajar, remaja Indonesia usia 10-24 
tahun sudah mencapai 62 juta (30,3 % dari total penduduk Indonesia), 
15 % dari mereka (remaja) telah melakukan hubungan seks di luar nikah.
Apa yang menjadi penyebab terjadinya hal tersebut terutama di dunia 
pendidikan kita? 
Jawabannya adalah karena kerusakan akhlak di kalangan para pelajar 
dan mahasiswa.
 Adapun penyebab dari rusaknya akhlak tersebut setidak-tidaknya ada 
4 penyebab, yaitu: 
1. Dha’ful Iman, yaitu lemah Iman. 
Iman yang mantap membuat seseorang menjadi terikat kepada 
segala bentuk ketentuan Allah SWT dan tidak berani menyimpang 
dari jalan-Nya,karena itu manakala seseorang telah memiliki Iman 
yang mantap dan sempurna, niscaya dia memiliki akhlak yang mulia. 
2. Bi’ah Al-Sayyiah, yaitu lingkungan yang buruk.
Lingkungan sangat berpengaruh terhadap manusia, jika 
lingkungannya buruk sangat berpotensi merubah orang menjadi 
orang yang buruk, begitu juga sebaliknya,salah satunya adalah TV, 
teman pergaulan, lingkungan keluarga dan lain sebagainya. 
3. Dha’fu Al- Mutaba’ah, yaitu Lemah Kontrol. 
Kerusakan akhlak seseorang diantaranya lemah kontrol 
(pengawasan), baik dari dirinya sendiri, keluarga maupun 
sesama masyarakat.
4. Kemajuan teknologi.
Dampak globalisasi teknologi memang dapat memberikan dampak 
positif tetapi tidak dapat di pungkiri lagi bahwa hal ini juga dapat 
berdampak negatif bagi kerusakan moral. Perkembangan internet 
dan ponsel berteknologi tinggi terkadang dampaknya sangat 
berbahaya bila tidak di gunakan oleh orang yang tepat. 
Misalnya : Video porno, perjudian diberbagai jejaring sosial yang 
menguras waktu belajar kaum remaja.

3. Cara-cara penerapan akhlakul karimah mahasiswa
Penyebab kerusakan akhlak seperti tersebut di atas, tidak boleh dibiarkan 
terus berlangsung,tetapi harus ada upaya (solusi) untuk mengatasinya 
berupa pengoptimalan pendidikan agama Islam dengan cara : 
1. Memperkokoh keimanan atau aqidah kepada Allah SWT sehingga 
seseorang akan selalu terikat dan mau menyesuaikan diri dengan 
ketentuan Allah SWT.
2. Menanamkan perasaan dekat kepada Allah SWT, sehingga dimanapun 
seseorang berada,kemanapun seseorang pergi dan bagaimana situasi dan 
kondisinnya, seseorang selalu merasa diawasi oleh Allah SWT yang 
membuatnya tidak berani menyimpang dari jalan Allah.
3. Mewujudkan lingkungan yang Islami, baik melalui bahan bacaan, 
tontonan maupun lingkungan pergaulan , sehingga pengaruh dari lingkungan 
yang Islami, akan membentuk manusia menjadi orang yang memiliki 
kepribadian yang Islami.
4. Menumbuhkan tanggung jawab mengemban amanah da’wah (mengajak), 
karena dengan adanya tanggung jawab da’wah, akan berusaha untuk menjadi 
yang terbaik dalam sikap dan prilakunya.

Sebagai mahasiswa yang berakhlak mulia, kita harus melaksanakan kewajiban 
kita sebaik-baiknya,dengan hati ikhlas dan tanpa paksaan.Nilai-Nilai Akhlakul 
Karimah yang dapat ditamankan pada siswa diataranya :
1) Menerapkan kepada mahasiswa untuk selalu melaksanakan shalat berjamaah.
2) Menerapkan kepada mahasiswa untuk selalu memelihara kejujuran.
3) Menerapkan kepada mahasiswa agar memiliki sikap saling tolong menolong.
4) Menerapkan kepada mahasiswa sikap disiplin, tertib, sopan, dan hormat 
kepada dosen.
5) Menerapkan akhlak mulia kepada mahasiswa dengan ajaran agama agar 
mereka mengamalkannya, baik di dalam maupun di luar kampus.
6) Menerapkan kewajiban mahasiswa untuk memelihara nama baik Universitas, 
baik di dalam maupun di luar kampus.
7) Menerapkan kepada mahasiswa untuk selalu memelihara sarana dan prasarana 
Universitas serta menjaga kebersihan, ketertiban, dan keamanannya.
8) Menerapkan kepada mahasiswa agar mematuhi segala peraturan yang berlaku 
di tingkat Universitas, Fakultas, Jurusan, Program Study, dan Unit.
9) Menerapkan tata cara berbusana yang sopan kepada mahasiswa/i
a) Tata Cara Berbusana bagi Mahasiswa/Mahasiswi:
1. Berpakaian sopan, bersih, dan rapi bagi Mahasiswa/ mahasiswi.
2. Berbusana muslimah yang tidak ketat dan tidak transparan bagi 
mahasiswi.
3. Bersepatu selama berada di kampus bagi mahasiswa/ mahasiswi.
b) tata cara berbusana yang tidak boleh bagi Mahasiswa/ mahasiswi adalah:
1. Memakai sandal.
2. Memakai sepatu yang tumitnya diinjak.
3. Memakai sepatu sandal yang tumitnya diinjak.
4. Berkaos oblong walaupun ditutup dengan jaket atau tas.
5. Bercelana sobek.
6. Berpakaian ketat khusus bagi mahasiswi.
7. Memakai busana tembus pandang.
8. Memakai baju/ lengan pendek khusus bagi mahasiswi.
Tak jarang terjadi pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh mahasiswa, 
oleh karena itu, kita sebagai mahasiswa yang berakhlak mulia harus 
memperhatikanya dari pelanggaran-pelanggaran ringan apalagi pelanggaran 
berat berusahalah jangan sampai melakukannya.

III. PENUTUP
1. Simpulan
Kata akhlak berasal dari bahasa Arab al-akhlaq yang merupakan bentuk 
jamak dari kata al-khuluq yang berarti budi pekerti, perangai, tingkah laku, 
atau tabiat. Secara terminologis, 
Ibnu Maskawaih mendefinisikan akhlak sebagai keadaan gerak jiwa yang 
mendorong ke arah melakukan perbuatan dengan tidak menghajatkan pikiran. 
Adapun penyebab dari rusaknya akhlak tersebut setidak-tidaknya ada 
4 penyebab, yaitu: 
1. Dha’ful Iman, yaitu lemah Iman. 
2. Bi’ah Al-Sayyiah, yaitu lingkungan yang buruk.
3. Dha’fu Al- Mutaba’ah, yaitu Lemah Kontrol.
4. Kemajuan teknologi.
Sedangkan upaya (solusi) untuk mengatasinya berupa pengoptimalan 
pendidikan agama Islam dengan cara : 
1. Memperkokoh keimanan atau aqidah kepada Allah SWT.
2. Menanamkan perasaan dekat kepada Allah SWT.
3. Mewujudkan lingkungan yang Islami.
4. Menumbuhkan tanggung jawab mengemban amanah da’wah (mengajak).

5. Saran 
Dalam menyikapi masalah remaja terutama tentang rusaknya akhlakul karimah mahasiswa, 
penulis memberikan beberapa saran. Diantaranya: 
a) Keluarga sebagai tempat awal pendidikan para pelajar harus mampu untuk 
membentuk pola pikir yang baik bagi anak-anaknya.
b) Masyarakat mesti menyadari akan perannya dalam menciptakan situasi yang 
kondusif.
c) Lembaga pendidikan formal sudah semestinya memberikan pelayanan yang baik 
untuk membantu para pelajar mengasah kemampuan dan mengembangkan segala 
potensi yang ada dalam dirinya.

DAFTAR PUSTAKA
Imam Jalaludin Al-Mahali dan Imam Jalaludin As-Syuyuti, Tafsir Jalalain, (Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2005).
Al-Imam Abul Fida Ismail Ibnu Katsir Ad-Dimasyqy, Tafsir Ibnu Katsir, (Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2004).
Tafsir Al Misbah, Quraish Shihab, Cet I, Jilid, 14 , Tahun 2003, Lentera Hati.

No comments

Subscribe Our Newsletter